Rumus Excel MONTH : Fungsi, Syntax dan Contoh Penggunaan

Post a Comment

Rumus Excel MONTH - Dalam Excel ada beberapa rumus yang terkait dengan pengolahan format tanggal.

Jika format tanggal tersebut dipisahkan satu persatu maka akan ada tiga unsur didalamnya.

Ketiga unsur tersebut adalah tanggal atau hari, bulan serta Tahun yang tentu saja bisa diatur formatnya sesuai dengan kebutuhan.

Pada artikel ini kita akan bahas salah satu dari beberapa rumus Excel yang memang terkait erat dengan pengolahan format tanggal.

Adapun rumus Excel terkait dengan tanggal yang akan kita bahas tersebut adalah rumus Excel MONTH.


Fungsi, Syntax dan Contoh Rumus Excel MONTH


Jika membahas atau menyebutkan rumus Excel MONTH tentu kita masih ingat dengan pembahasan rumus sebelumnya yaitu rumus Excel EOMONTH.

Meksipun kedua rumus ini memang memiliki kemiripan nama tapi sebenarnya fungsi dari kedua rumus ini sangatlah berbeda.

Dalam Excel kedua rumus tersebut ada pada kelompok atau kategori yang sama yaitu Fungsi Tanggal dan Waktu.

Jika memang ingin mengetahui perbedaan dari rumus EOMONTH serta rumus MONTH mari kita bahas fungsi dari rumus Excel MONTH terlebih dahulu.


1. Fungsi Rumus Excel MONTH


Dalam Microsoft Excel rumus MONTH fungsinya adalah untuk menampilkan bulan dari sebuah deret tanggal lengkap.

Urutan pada sebuah deret tanggal lengkap adalah hari, bulan serta tahun dan rumus MONTH ini akan mengambil atau menampilkan bulan saja dari deret tersebut.

Secara default hasil dari rumus Excel EOMONTH ini adalah angka dalam bentuk bilangan bulat dan angka ini akan mewakili bulan.

Pada pembahasan sebelumnya kita sudah mengetahui bahwa fungsi dari rumus rumus Excel EOMONTH adalah untuk menampilkan tanggal akhir bulan.

Dari kedua fungsi rumus tersebut terlihat bahwa memang rumus Excel EOMONTH dan rumus Excel MONTH sangatlah berbeda.


Baca Juga : Rumus Excel EOMONTH : Fungsi, Syntax dan Cara Penggunaan


Jika membahas rumus apa yang mirip dengan rumus Excel MONTH kita mungkin bisa menyebut rumus Excel DAY.

Karena rumus Excel DAY ini dalam Excel dapat kita gunakan untuk menampilkan hari dari sebuah deret tanggal lengkap.


2. Syntax dan Argumen Rumus Excel MONTH


Selanjutnya mari kita bahas syntax serta argumen yang digunakan pada rumus Excel MONTH.

Adapun syntax yang digunakan pada rumus Excel MONTH adalah sebagai berikut :


=MONTH(serial_number)

  • serial_number : deret tanggal lengkap yang terdiri dari hari, bulan dan tahun

Argumen serial_number diatas akan diisi dengan alamat cell yang berisi tanggal tapi jika ingin diisi dengan tanggalpun memang bisa dilakukan.


3. Contoh Rumus Excel MONTH


Jika sudah memahami fungsi serta syntax dari rumus Excel MONTH mari kita lanjutkan membahas contoh penggunaannya.

Silahkan perhatikan gambar berikut ini :


Rumus Excel MONTH


Dalam contoh tersebut sudah ada dua tanggal pada kolom A dan selanjutnya kita sudah menampilkan bulan dari tanggal tersebut pada kolom C.

Adapun rumus Excel MONTH untuk menampilkan bulan tersebut adalah sebagai berikut :


=MONTH(A4)


Dengan menggunakan rumus tersebut maka angka bulan akan otomatis bisa kita pisahkan dari tanggal.

Jika memang ingin langsung memasang tanggal pada argumen rumus MONTH memang tidak bisa secara langsung dilakukan.

Tapi kita harus menggabungkan rumus Excel MONTH dengan rumus Excel DATE dimana rumus Excel DATE tersebut akan mengurutkan angka kedalam tanggal terlebih dahulu.

Selain itu hasil dari rumus Excel MONTH memang hanya angka saja bukan teks atau format lainnya.

Jika hasil yang ingin ditampilkan memang dalam bentuk atau format yang lain kita harus melakukan pengaturan format atau bisa juga dengan menggabungkan rumus Excel MONTH dengan rumus Excel TEXT.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang rumus Excel MONTH dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca. 

Ade
Part Time Blogger dan Owner www.firstfin.web.id yang sehari - hari berprofesi sebagai seorang Accounting Perusahaan Swasta di Jawa Barat.

Related Posts

Post a Comment