Rumus Excel SUMIF : Menjumlahkan Angka Dengan Menggunakan Kriteria

Post a Comment

Rumus Excel SUMIFDalam artikel sebelumnya kita sudah bahas satu dari tiga rumus yang berkaitan dengan penjumlahan angka.

Rumus Excel tersebut adalah SUM dan ini merupakan satu dari beberapa rumus Excel yang cukup populer.

Selanjutnya pada artikel ini kita akan bahas satu lagi rumus Excel yang secara umum fungsinya sama dengan rumus Excel SUM yaitu untuk menjumlahkan angka.

Adapun rumus Excel yang akan kita bahas pada artikel ini adalah rumus Excel SUMIF dan rumus ini ada pada kategori atau kelompok Fungsi Matematika dan Trigonometri.

Dari namanya memang rumus Excel SUMIF ini sangat mirip bahkan hampir sama dengan rumus Excel SUM.

Lalu, apakah dari sudut pandang fungsi kedua rumus ini juga memiliki fungsi yang sama ?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita bahas secara rinci apa fungsi dari rumus Excel SUMIF.


Fungsi Rumus Excel SUMIF


Seperti yang disebutkan diatas bahwa rumus Excel SUMIF ini secara umum fungsinya adalah untuk menjumlahkan angka dalam Excel.

Dalam prosesnya penjumlahan angka dalam Excel ini dibagi kedalma tiga jenis sesuai dengan jumlah kriterianya.

Pertama, penjumlahan angka dalam Excel tanpa menggunakan syarat atau kriteria sama sekali dan untuk kebutuhan ini menggunakan rumus Excel SUM.

Kedua, penjumlahan angka dalam Excel dengan menggunakan kriteria tetapi hanya satu kriteria saja dan untuk kebutuhan ini akan menggunakan rumus Excel SUMIF.

 

Baca Juga : Rumus SUMIFS

 

Ketiga, penjumlahan angka dalam Excel dengan menggunakan beberapa kriteria dan untuk kebutuhan ini akan menggunakan rumus Excel SUMIFS.

Jadi, secara detail fungsi dari rumus Excel SUMIF adalah untuk menjumlahkan angka dalam Excel dengan menggunakan kriteria.

 

Kekurangan dan Kelebihan Rumus Excel SUMIF


Sebenarnya rumus Excel SUM, SUMIF serta SUMIFS ini masing – masing memiliki fungsi yang berbeda dari sisi kriteria.

Hanya saja pada saat digunakan tentu ada kelebihan serta kekurangan yang bisa dialami oleh pengguna Excel.

Kelebihan dari rumus Excel SUMIF dibandingkan dengan rumus Excel SUM adalah bisa menjumlahkan angka dengan menggunakan kriteria.

Hanya saja jika dibandingkan dengan rumus Excel SUM justru rumus SUMIF ini memiliki kekurangan yaitu rumus Excel SUMIF tidak bisa menjumlahkan beberapa deret angka sekaligus.

Selanjutnya jika dibandingkan dengan rumus Excel SUMIFS tentu rumus Excel SUMIF ini memiliki kekurangan karena hanya bisa menjumlahkan angka dengan menggunakan satu kriteria saja.

 

Syntax dan Argumen Rumus Excel SUMIF


Pada dasarnya syntax yang digunakan pada rumus Excel SUMIF ini intinya hanya ada tiga yaitu area angka, area kriteria serta kriteria yang akan digunakan.

Adapun syntax dari rumus Excel SUMIF adalah sebagai berikut :


=SUMIF(range; criteria; [sum_range])

  • range : area pada tabel yang memiliki kriteria penjumlahan angka
  • criteria : kriteria yang akan digunakan
  • sum_range : area berisi angka yang akan dijumlahkan


Mohon dicatat bahwa kriteria yang akan digunakan pada penjumlahan angka wajib dimunculkan pada area Tabel.

 

Contoh Rumus Excel SUMIF


Jika sudah memahami fungsi serta syntax yang digunakan pada rumus Excel SUMIF selanjutnya mari kita bahas contoh dari rumus Excel SUMIF tersebut.


Baca Juga : Cara Cepat dan Mudah Menjumlahkan Angka Pada Microsoft Excel


Untuk contohnya silahkan perhatikan gambar berikut ini :


Rumus Excel SUMIF


Pada contoh tersebut sudah ada angka yang diketik pada kolom A serta kriteria berupa teks “a” dan “b” yang diketik pada kolom B.

Selanjutnya kita akan menjumlahkan angka pada kolom A tersebut degan kriteria huruf yang ada pada kolom B.

Jika kriteria yang akan digunakan adalah huruf “a” maka rumusnya adalah sebagai berikut :


=SUMIF(B4:B8;"a";A4:A8)


Rumus tersebut akan menjumlahkan angka pada kolom A tetapi teks yang diketik pada kolom B hanya huruf “a” saja.

Adapun angka yang akan dijumlahkan dengan menggunakan rumus yang pertama ini adalah 5, 6 dan 4.

Selanjutnya jika kriteria yang akan digunakan adalah teks “b” maka rumusnya adalah sebagai berikut :

 

=SUMIF(B4:B8;"b";A4:A8)


Sama dengan rumus yang pertama bawa pada rumus yang kedua ini juga akan menjumlahkan angka pada kolom A tetapi teksnya hanya “b” saja yaitu angka 8 dan 9.

Dari dua contoh tersebut terlihat bahwa prinsipnya kita hanya menambahkan kriteria pada argumen rumusnya saja.

 

Penutup


Pada dasarnya untuk menjumlahkan angka dalam Excel kita cukup memilih salah satu dari ketiga rumus yang disebutkan diatas.

Hanya saja silahkan sesuaikan dengan kriteria yang akan digunakan pada proses penjumlahan angka.

Jika memang penjumlahan angka hanya menggunakan satu kriteria saja maka silahkan gunakan rumus Excel SUMIF.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang rumus Excel SUMIF dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.   

Related Posts

Post a Comment